banner 728x250

Masih Ada Warga Yang Menerobos, Pemerintah Desa Serang Langsung Bergerak Cepat Untuk Menutup Total Jalan Kodam (Bukit Cinta)

  • Share
banner 468x60

Bekasi, Guecikarang.co.id – Meskipun jalan Kodam (Bukit Cinta) arah Pemda Bekasi sudah ditutup oleh Pemerintahan setempat, tapi masih ada warga yang melintas dan menerobos, padahal sebelumnya Penutupan jalan tersebut dilakukan sehari setalah terjadinya longsor, pada Senin Tanggal 8 November 2021.

Karena masih ada warga yang menerobos, pemerintah Desa Serang, bergerak cepat untuk menutup Total Jalan Kodam (Bukit Cinta). Cicau – Serang atau sebaliknya. Karena dikuatirkan ada korban jiwa jika terjadi longsor susulan dan kebetulan ada warga yang melintas.

banner 336x280

Sebelum dilakukan Penutupan, pemerintah setempat melakukakan Musyawarah, yang dihadiri oleh : Camat Cikarang Selatan, Kasi trantib kecamatan cikarang selatan, Kanit Binmas Polsek Cikarang Selatan, Perwakilan Desa Sukadami, Bimaspol dan Babinsa Desa Sukadami, Perwakilan Desa Serang, Bimaspol dan Babinsa Desa Serang.

Adapun hasil dari musyawarah tersebut.
1. Dilaksanakan penutupan sementara jalan tersebut jangan sampai terjadi kecelakaan lalu lintas.

2. Dilaporkan kepada Plt Bupati Bekasi melalui Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air Kabupaten Bekasi

3. Penutupan Dimulai hari Senin, Tanggal 8 November 2021.

4. Titik Penutupan sebelah barat pertigaan sate Kodam, sebelah selatan pertigaan kawasan Delta Silicon 8.

5. Jalan Alternatif sementara lalu lintas di alihkan ke Jalan Jati Pilar arah lembah Hijau dan Jalan gerbang Delta Silicon 8.

Dikutip dari Karawangbekasi.jabarekspres.com, Pada kesempatan tersebut Camat Cikarang Selatan, Agus Dahlan mengatakan, pihaknya akan secepatnya melapor ke Wakil Bupati Bekasi terkait amblasnya jalan tersebut. Menurutnya, jalan raya Kodam vital antara serang dan cikarang pusat.

“Jadi kita tetap akan lapor ke pak wakil bupati seperti apa langkah-langkahnya. Hanya saja langkah ini jalan harus di tutup dulu karena takut nya menimbulkan korban jiwa terhadap pengendara motor maupun mobil,” kata Agus di lokasi, Senin (8/11).

Kemudian, kata dia, amblasnya jalan Kodam ini selain tekstur tanah di wilayah Cikarang Selatan tanah lempung, namun ada faktor pendukung terjadinya jalan amblas karena adanya lokasi tanah Kodam yang digali.

“Nah ini juga tadinya ada penahan tanah, karena ada galian, di bawahnya tidak ada penahan tanah, akhirnya longsor. Jadi jalannya kebawa,” katanya.

“Sudah tekstur tanahnya lempung, kemudian ditambah musim hujan, selanjutnya ditambah adanya bekas galian, jadi tidak ada lagi penahan,” timpal Agus.

Terkait izin galian, Agus menjelaskan, kalau galian itu sesuai dengan Undang-undang 23 Tahun 2014, adalah kewenangan dari provinsi. “Nah kita kecamatan dan desa sudah menegur secara lisan maupun tertulis, terkait kegiatan tersebut. Yang pertama di sarankan untuk mengurus izin, yang kedua agar menjaga ketertiban umum, yang ketiga manakala tanah di bawa keluar agar dijaga kebersihannya,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Serang Irwan Handoko mengaku mengetahui adanya galian tanah Kodam ini. Tapi secara izin tidak ada ke desa, tapi desa sudah berupaya meminta kepada pengelola atau penanggung jawab galian ini untuk bertemu dengan desa.

“Intinya untuk membahas, menyikapi ketika musim hujan turun dan inilah suatu bentuk kehawatiran yang ingin kami utarakan kepada pihak pengelola galian. Tapi Alhamdulillah sampai saat ini pengelolaan galian tidak hadir, tidak berkenan bertemu dengan kami (Pemerintah Desa,red),” ungkap Irwan Handoko.

“Dan sekarang dampak dari galian tersebut salah satunya Jalan serang-cicau ini turun dan tidak bisa di gunakan dalam waktu yang tidak bisa di tentukan,” kata Irwan Handoko

Irwan mengakui, aktivitas galian tanah Kodam berjalan hampir satu tahunan dan tidak mengetahui siapa saja pihak pengelolanya. “Kalau didalamnya saya kurang paham, yang jelas kita sudah meminta berkali-kali tidak ada yang hadir ke kantor desa untuk melakukan pembahasan hal ini, sampai galian ini berhenti belum ada tanggapan,” tuturnya. (Iswadi/red)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.