banner 400x130

Selamat Datang di Website Kami, Website Dengan Ribuan Pengunjung Setiap Harinya, Jika Ingin Beriklan Silahkan Hubungi Admin kami WA 0858-8585-0319 atau 0882-1971-9399

Mahasiswa LSPR Bekasi Mendorong Inovasi Kreasi Daur Ulang Ibu Rumah Tangga Wanasari

  • Share

BEKASI – Kelurahan Wanasari, Cibitung, Kabupaten Bekasi, telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam menjaga lingkungan melalui Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) tahun 2023. Dalam upaya untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan lestari, RW 18 Perumahan Regensi 2 Kelurahan Wanasari telah meluncurkan inisiatif yang menarik dan inspiratif.

Program ini melibatkan para ibu rumah tangga sebagai agen perubahan dalam upaya mengurangi sampah dan memanfaatkannya kembali melalui bank sampah dan kreasi produk daur ulang. Dalam kerja sama dengan PKK RW 18, setiap Dasa Wisma dilatih untuk melakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle), yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, tetapi juga untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui penjualan kreasi produk daur ulang.

Selamat Datang di Website Kami, Website Dengan Ribuan Pengunjung Setiap Harinya, Jika Ingin Beriklan dan Ingin diliput Oleh Media Kami Silahkan Hubungi Admin kami WA 0858-8585-0319 atau 0882-1971-9399

Para ibu yang berpartisipasi dalam program ini telah menunjukkan semangat dan kreativitas yang luar biasa dalam mengubah sampah menjadi barang-barang yang bermanfaat. Dari tas belanja hingga tikar, kreasi daur ulang mereka menarik minat banyak orang, bahkan menarik perhatian tamu dari luar kota.

Awal diadakannya inisiatif daur ulang dikarenakan rasa peduli lingkungan oleh para ibu dan kondisi sampah yang memprihatinkan di TPA Bantar Gebang. Dengan adanya daur ulang ini, membuat Fitri Unariyah selaku ketua RW 18 sebelumnya, bersama dengan ibu-ibu setempat menciptakan peluang usaha dari potensi yang dimiliki yaitu menjual hasil kreativitas produk daur ulang.

Menurut Fitri, pihaknya berharap dengan adanya pelatihan Bersama Sobat Bumi ini bisa menjadi motivasi khususnya bagi para ibu di RW 18 dan seluruh warga Kelurahan Wanasari.

“Saya sangat bangga melihat semangat dan dedikasi para ibu di RW 18. Mereka telah memilah sampah dengan tekun sejak tahun 2019 dan menunjukkan kreativitas yang luar biasa dalam mengolahnya menjadi produk yang bernilai. Semoga dengan adanya kampanye Sobat Bumi, mereka dapat memberikan inspirasi bagi kita semua untuk menjaga lingkungan dengan lebih baik.”pungkasnya.

Namun, tantangan terbesar yang dihadapi adalah pemasaran produk. Banyak dari mereka yang masih meragukan nilai dan kegunaan produk daur ulang, meskipun sebenarnya proses pembuatannya melibatkan kerja keras dan kreativitas yang tinggi. Untuk mengatasi tantangan ini, RW 18 berkolaborasi dengan SOBAT BUMI untuk memberikan pelatihan digital marketing kepada para ibu, sehingga mereka dapat meningkatkan penjualan produk melalui platform online.

Pelatihan ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2024 di aula pertemuan RW 18, dengan pemateri dari Dosen Marketing dan Dosen Bisnis LSPR, serta dibantu oleh mahasiswa LSPR Bekasi yang terlibat dalam SOBAT BUMI.

Dengan berbagai inisiatif yang telah dilakukan, RW 18 berharap dapat menjadi contoh bagi komunitas lainnya dalam upaya menjaga lingkungan dan mengurangi sampah. Kami mengundang semua pihak untuk turut serta dalam mendukung dan mengapresiasi upaya para ibu di Kelurahan Wanasari dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Lurah Wanasari, H. Ujang Sukrilah mengungkapkan sangat bangga dengan adanya pelatihan seperti ini.

“Inisiatif yang dilakukan oleh masyarakat kami sangat membanggakan. Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi upaya-upaya positif dalam menjaga lingkungan.” Ungkapnya

Para pemateri workshop, Melvin Bonardo Simanjuntak, S.I.Kom dan Sandy Adhitia, S.Sn., MBA., juga memberikan pandangan mereka. “Ini adalah langkah yang luar biasa dari masyarakat Wanasari dalam menghadapi permasalahan lingkungan saat ini. Kami berharap dapat memberikan wawasan yang berguna untuk mendukung upaya mereka.” ujar Melvin.

Sementara Sandy Adhitia menambahkan, “Saya yakin dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam workshop ini, para ibu di Kelurahan Wanasari akan semakin berdaya dalam mengelola sampah dan memanfaatkannya kembali.”

TENTANG SOBAT BUMI

Sobat Bumi adalah kampanye inisiatif mahasiswa LSPR berdasarkan SDGs (Sustainable Development Goals) yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengambil tindakan nyata untuk menjaga bumi.

TENTANG LSPR INSTITUTE

LSPR Communication and Business Institute, sebelumnya dikenal sebagai London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, telah menjadi pionir dalam pendidikan komunikasi dan bisnis sejak tahun 1992. Bertransformasi menjadi Institut Komunikasi dan Bisnis pada tahun 2019, LSPR memiliki dua kampus yang strategis di Jakarta, Bekasi, dan Bali. LSPR, melalui mahasiswa dari Fakultas Komunikasi, terus berkomitmen untuk mengabdi kepada masyarakat melalui berbagai program pengabdian masyarakat, seperti Sobat Bumi.

Contact Info:

Indah Shifa Lutfiani

Mahasiswa Angkatan 25 dan Ketua Humas Project Community Development

No. HP: +628181 8687 219

E-mail: [email protected]

Selamat Datang di Website Kami, Website Dengan Ribuan Pengunjung Setiap Harinya, Jika Ingin Beriklan dan Ingin diliput Oleh Media Kami Silahkan Hubungi Admin kami WA 0858-8585-0319 atau 0882-1971-9399

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *