banner 728x250

Sampah Menumpuk Sepanjang 50 Meter , UPTD & BBWS Lakukan Pembersihan Di Kali Jambe Tambun Selatan

  • Share
banner 468x60

Bekasi Jawa Barat – Sampah limbah rumah tangga tampak menumpuk dan mengular sepanjang 50 meter di aliran kali Jambe tepat di Perumahan Jatimulya Residence, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Wihantono (54) warga sekitar kali Jambe, tumpukan sampah tersebut mulai terlihat sejak satu bulan terakhir. Sampah-sampah tersebut berasal dari hulu kali Jambe di wilayah Kota Bekasi.

banner 336x280

Sampah-sampah tersebut, kata Wihantono, didominasi oleh sampah rumah tangga, yang diduga sengaja dibuang oleh warga ke aliran kali Jambe. Selain tumpukan sampah, warga juga dikhawatirkan oleh kondisi air kali Jambe yang menghitam dan mengeluarkan bau menyengat.

“Itu sampah kan dari atas sana (hulu) terus terbawa kesini, jadi kalau udah ada hujan itu pasti kebawa sampahnya sampai gorong-gorong pinggir tol dan menyumbat,” ujarnya.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan wilayah 2, Sumardi, pihaknya bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane telah melakukan upaya pembersihan dan pengangkatan sampah dari kali Jambe sejak tiga hari terakhir.

Dibantu satu unit alat berat milik BBWS Ciliwung-Cisadane, serta 10 truk angkutan sampah, dan mengerahkan belasan personil, akhirnya sebanyak 120 ton sampah bisa diangkut ke TPA Burangkeng.

“Kami sudah lakukan penanganan, dibantu dari BBWS alhamdulillah, sampah tersebut sudah kita bersihkan,” kata Sumardi, Jumat (15/7/2022).

Selama ini, kata Sumardi, sampah yang didominasi oleh limbah rumah tangga dan pepohonan itu tertahan di crosing tol Japek, dan berasal dari wilayah hulu, yang berbatasan langsung dengan wilayah kota Bekasi. Ia berharap, nantinya akan dilakukan penanganan serius mulai dari hulu kali Jambe.

“Kami selalu melakukan pembersihan sampah di kali Jambe, cuma karena memang intensitas sampah juga cukup banyak tidak sampai 1 minggu pasti sudah banyak.” tegasnya.

banner 336x280
Editor: Ipang
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.