banner 400x130

Selamat Datang di Website Kami, Website Dengan Ribuan Pengunjung Setiap Harinya, Jika Ingin Beriklan Silahkan Hubungi Admin kami WA 0858-8585-0319 atau 0882-1971-9399

Siswa dan Siswi di SDN Kalijaya 09 Cikarang Barat Antusias Belajar Wirausaha di Market Day

  • Share

BEKASI, guecikarang.co.id – Jelang kenaikan kelas, siswa dan siswi kelas 5 di SD Negeri Kalijaya 09 mengikuti ajang unjuk kreativitas dan jiwa kewirausahaan dalam acara bertajuk Market day, serta untuk siswa kelas lainnya antusias dalam pameran hasil prakarya dari sampah plastik.

Lina Karolina salah satu guru pelaksana kegiatan tersebut menuturkan, kegiatan bertajuk panen karya dalam rangka mengisi waktu setelah siswa melaksanakan ujian semester itu merupakan bagian dari program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang ada di dalam kurikulum merdeka.

Selamat Datang di Website Kami, Website Dengan Ribuan Pengunjung Setiap Harinya, Jika Ingin Beriklan dan Ingin diliput Oleh Media Kami Silahkan Hubungi Admin kami WA 0858-8585-0319 atau 0882-1971-9399

Lina menuturkan, market day merupakan pembelajaran kewirausahaan bagi siswa kelas 5, siswa dan siswi dikenalkan untuk berdagang, dan mengelola keuangan menghitung untung dan rugi dalam berdagang.

Siswa dan Siswi di SDN Kalijaya 09 Cikarang Barat Antusias Belajar Wirausaha di Market Day

“Untuk anak-anak yang dagang ini temanya kewirausahaan. Di kelas 5 ini ada pembelajaran kewirausahaan ini merupakan praktek pembelajaran. Dimana anak-anak mulai mengenal belajar berdagang, bagaimana mereka berdagang, mengembalikan kembalian uang, mengenal uang, berhitung, pembelajaran matematikanya ada, IPSnya ada,” jelas Lina saat ditemui di sekolah, Senin (24/6/24).

Lebih lanjut, kata Lina pembelajaran market day dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada akhir semester 1 dan semester 2. Begitu juga bagi kelas 1 hingga kelas 4 berkreasi di panen karya yang hasil kreasinya ditampilkan dalam sebuah pameran.

“Untuk pembelajaran market day ini kita melaksanakan setahun 2 kali, diakhir semester 1 dan semester 2. Begitu juga panen karya hasil P5  juga ini sama, kita sudah melaksanakan 2 kali di tahun ini,” ujarnya.

Di market day, siswa menjajakan dagangan yang mayoritas adalah produk jajanan hasil kreasinya dibantu orang tuanya yang dibawa dari rumah, lalu dijajakan di meja-meja yang sudah disediakan oleh para guru.

“Ini merupakan hasil anak dibawa dari rumah anak bikin sendiri, guru hanya memfasilitasi tempat jadi mereka dari mulai belanja menyediakan bahan kemudian setelah jadi mereka sendiri yg mengolah dibantu orang tua,” ungkapnya.

“Kemudian panen karya ini temanya hidup berkelanjutan sub temanys pengolahan limbah plastik, yang diolah menjadi hasil karya atau prakarya anak kelas 1 dan 4 selama 1 semester,” imbuh Lina.

Lina juga menyebut antusias siswa juga sangat baik, terlebih orang tua siswa sangat mendukung program tersebut dari mengolah sampah menjadi prakarya yang bisa digunakan kembali. Sedangkan dari pembelajaran market day, siswa diberikan kebebasan untuk jajan produk temannya.

“Antusias dan orangtua mendukung program kami, dari kelas 1 pembiasaan sehari-hari memang anak-anak dibiasakan menanggulangi sampah terutama sampah plastik dengan membawa tempat minum makan dan pada pelajaran market day, anak-anak diberikan kebebasan untuk jajan  jadi mereka sangat senang, ini adalah kegiatan dari siswa untuk siswa,” tuturnya.

Menurutnya, dari kegiatan tersebut diharapkan para siswa dan siswi di SDN Kalijaya 09 nantinya bisa memiliki kemandirian dalam ekonomi, pekerjaan, dan disiplin waktu dalam kesehariannya.

Sementara itu, Rendi Abiyasa Putra (12) siswa kelas 5 yang berpartisipasi berjualan mengatakan cukup senang mengikuti kegiatan market day. Ia menjual jajan mie spaghetti, sushi, serta cokelat, dari jumlah dagangan berhasil terjual 50 persen, dan mendapt keuntungan 100 persen.

“Seneng bisa jualan, yang laris mie sama sushi cokelatnya masih ada. Modalnya kata mamah 50 ribu dapat untung juga 50 ribu,” ucapnya.

Selamat Datang di Website Kami, Website Dengan Ribuan Pengunjung Setiap Harinya, Jika Ingin Beriklan dan Ingin diliput Oleh Media Kami Silahkan Hubungi Admin kami WA 0858-8585-0319 atau 0882-1971-9399

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *