banner 728x250

Bank BRI Jumlah Kantor Cabang Berkurang, Tapi Tidak Berdampak Pengurangan Pekerja

  • Share
banner 468x60

Guecikarang.co.id – Jumlah jaringan kantor perbankan semakin menyusut, seiring dengan kian pesatnya pertumbuhan transaksi perbankan melalui kanal digital.

Sebagai salah satu bank terbesar di Tanah Air, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI juga mencatatkan penyusutan jumlah kantor cabang.

banner 336x280

Penyusutan kantor cabang BRI yang terjadi akibat penutupan atau relokasi dilakukan bank pelat merah itu untuk meningkatkan efisiensi cabang dan pengalaman nasabah melalui proses bisnis baru, dalam hal ini self service banking.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, pengurangan outlet atau jaringan kantor tidak hanya terjadi di BRI, namun juga terjadi di industri perbankan seluruh dunia.

“Di mana fungsi jaringan kantor (perbankan fisik) akan semakin berkurang akibat adanya digitalisasi,” kata dia, kepada Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Di tengah tren penurunan jaringan kantor, Aestika memastikan, perseroan tidak melakukan pemangkasan tenaga kerja.

“Khusus untuk BRI, digitalisasi tidak akan berdampak kepada pengurangan pekerja. Pekerja kami alihkan untuk menjadi tenaga pemasar, financial advisor, atau fungsi lainnya,” tutur dia.

Menurutnya, pertumbuhan bisnis yang didukung dengan perkembangan teknologi yang cepat dan kompetitif memerlukan sumber daya manusia (SDM) atau talent unggul.

“Human capital merupakan aset terbesar dan memegang peran penting dalam pencapaian visi perusahaan,” ujarnya.

Oleh karenanya, bank dengan kode emiten BBRI itu membentuk BRILiaN Development Centre dalam mengawal penyiapan sistem dan digitalisasi proses bagi Insan BRILiaN.

Selain itu, BRI memberikan cash compensation kepada pekerja yang ditentukan berdasarkan kinerja, sehingga harapannya kompensasi yang diterima oleh pekerja akan berbanding lurus dengan kontribusi yang diberikan.

“Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan dalam menarik, mempertahankan, dan memotivasi pekerja terbaik (talent war) di perseroan adalah melalui sistem pengelolaan remunerasi yang baik,” ucap Aestika.

Asal tahu saja, sebagai bank dengan jumlah kantor terbanyak di Tanah Air, BRI memiliki jumlah kantor 8.852 unit per Maret 2022.

Angka itu berkurang 141 unit dari akhir tahun lalu, sedangkan sejak tahun 2020, kantor bank spesialis UMKM ini telah menyusut sebanyak 575 unit. (iswadi/red)

Artikel : Kompas.com

banner 336x280
Writer: Iswadi Jati Pilar SerangEditor: GCNews.co.id
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.