banner 728x250

Sukseskan Program Kampung Bersih Warga Ketapang Desa Kalijaya Kerja Bhakti Bebersih Kampung

  • Share
banner 468x60

Bekasi Jawa Barat,guecikarang.co.id – Warga kampung Ketapang RT 01 RW 02, Desa Kalijaya, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan kerja bakti bebersih kampung, hal tersebut dalam rangka mendukung serta berpartisipasi dalam program yang dicanangkan oleh Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan yang dinamai Lomba Kampung Bersih Semakin Berani, Sabtu (9/7/2022).

Menurut Cecep Suparto Ketua RT setempat, kegiatan tersebut merupakan salah satu instruksi Kepala Desa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar peduli terhadap kebersihan dilingkungannya.

banner 336x280

Dengan menggunakan alat seadanya, warga membersihkan saluran pembuangan air yang penuhi sampah serta lumpur, agar tidak lagi adanya genangan serta memperlancar aliran air buangan warga saat hujan turun.

“Sebenernya kita juga sudah rutin adakan kegiatan seperti ini, tapi kali ini kita dalam rangka ikut serta dalam program lomba kampung bersih pak Pj Bupati dan menjalankan amanat Kepala Desa pak Dede Sulaeman agar bisa mengedukasi masyarakat dalam hal permasalahan kebersihan,” ujar Cecep.

Selain itu, kata Cecep, tempat pembuangan sampah liar yang ada diwilayahnya sudah dibenahi dan warga tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan di bantaran kali Cikarang.

“Iya yang dibelakang itu, biasanya warga buang sampah disitu (bantaran kali Cikarang), sudah kita tutup dan kita alihkan sementara ke belakang tembok pabrik dikumpulkan, sambil kita berupaya membuat bak-bak sampah,” ungkapnya.

Dirinya berharap, beberapa perusahaan yang ada di wilayah RT 01 bisa memberikan bantuan berupa tempat-tempat pembuangan sampah yang bisa dikelola agar warga tidak lagi buang sampah sembarangan.

Sebelumnya, Kepala Desa telah mengintruksikan hingga ke tingkat RT agar selalu diadakannya kegiatan kerja bakti dalam rangka mensukseskan Program Kampung Bersih Semaki Berani.

Sebelumnya juga, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengungkapkan, permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Bekasi disebabkan masih minimnya pengetahuan masyarakat terkait membuang sampah sembarangan adalah satu tindakan melanggar aturan terutama Perda Kabupaten Bekasi.

Serta juga masih minimnya layanan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi yang belum mampu mengcover seluruh wilayah di Kabupaten Bekasi.

“Mungkin layanan dari Dinas Lingkungan Hidup yang belum mencover, memang belum seluruh wilayah pemukiman di Kabupaten Bekasi ini tercover, ini memang dua hal yang harus kita kerjakan bersama,” ungkap Dani, Rabu (6/7/2022).

Menurutnya, sejauh ini Pemkab Bekasi telah memberikan langkah tegas bagi masyarakat yang membuang sampah sembarang, serta terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan terutama di aliran kali atau sungai melalui Lomba Kampung Bersih Makin Berani.

“Nanti kita berjalan terus ini sambil juga kita canangkan ini lomba kampung bersih, jadi nanti mudah-mudahan termotivasi masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah-sampah yang tidak pada tempatnya,” tutupnya. (Ipang)

banner 336x280
Editor: Ipang
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.