banner 728x250

Siap-Siap, kejagung Mulai Dalami Terbitnya Sertifikat Wakaf Makam Jatiandan Atas Nama Dua Pegawai Desa Lambangsari

  • Share
banner 468x60

BEKASI, guecikarang.co.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) mulai melakukan pendalaman atas terbitnya sertifikat wakaf TPU Jati Andan di Kampung Buaran RT 03 RW 01 atas nama 2 orang pegawai Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Pasalnya diketahui, telah terbit sertifikat wakaf dengan luas 15 ribu meter persegi atas nama Yandi Hermawan dan Andi Setiawan sebagai nazhir dan wakifnya yakni Kepala Desa Lambangsari nonaktif Pipit Haryanti yang kini sebagai terdakwa kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) pungli PTSL.

banner 336x280

Padahal, menurut informasi masyarakat setempat tanah makam itu sudah ada sejak dahulu dan bukan berasal dari keluarga Pipit Haryanti, melainkan tanah negara bebas

Informasi yang dihimpun Kejagung mulai meminta keterangan sejumlah aparatur desa hingga pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi.

Kejagung mulai memanggil dari pihak Kepala BPN, Kepala BPD Lambangsari serta dua pegawai desa yang juga sebagai nazhir.

Tak hanya itu, Kejagung juga tengah mendalami status tanah negara bebas di RW 001 Desa Lambangsari, seluas 50.000 m2 yang diduga sudah beralih nama.

“Diminta keterangannya terkait

dugaan penyalahgunaan kewenangan oleh oknum Kepala Desa Lambangsari kecamatan, Tambun Selatan Kabupaten Bekasi dengan merubah status

Tanah Negara menjadi Tanah Wakaf,”tulis surat panggilan itu.

Sebelumnya, melalui siaran persnya Lembaga Pemantau Pembangunan dan Pengelola Keuangan Negara (LP3KN) menilai Kepala Desa Lambangsari Pipit Haryanti sudah mengklaim lahan TPU Jati Andan sebagai aset milik dua orang aparatur desa.

“Tentu dengan Kewenangan Saudari Pipit Haryanti selaku Kepala Desa akan mengeluarkan Surat Pernyataan Penguasaan Lahan berupa Sporadik dan Tidak Sengketa yang menjadi Syarat Mutlak terbitnya Sertifikat Tanah Nomor 00002/Lambangsari /NIB. 1005060209800 Tgl. 25 Januari 2022,” kata Jonathan Waeo selaku perwakilan LP3KN dalam siaran persnya, Kamis, 2 Juni 2022.

TPU Jati Andan itu juga diketahui terkena pembebasan untuk jalan Tol Becaknya, hal itu berdasarka Surat dari PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Becakayu Nomor.TN. A2.oo1 449357 IBCW 30- 190.8.

“Sehingga dengan dasar Syarat tersebut Kepala Desa Lambangsari membuat Akta Wakaf yang tidak sesuai dengan Pasal 15 Undang-Undang No 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf,” kata dia.

banner 336x280
Editor: Ipang
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *